Adblock Detected

Kami mendeteksi bahwa Adblock anda aktif.

Adblock Detected

Mohon untuk menonaktifkan adblock untuk menghargai blog ini.

Atau filter adblock pada blog ini.

Terima kasih.

×

Pencarian


Bisnis Kecil Tapi Sangat Menguntungkan Tahun 2017

Assalamu'alaikum Wr Wb

Bisnis Kecil Tapi Sangat Menguntungkan Tahun 2017  - Kali ini saya akan berbagi informasi tentang Bisnis Kecil yang menguntungkan di tahun 2017 ini.Apa saja peluang bisnis yang prospektif dan menguntungkan di tahun 2017? Untuk menemukan jawaban tersebut, kita sebaiknya melihat kembali tren bisnis yang telah terjadi di tahun 2016 lalu, serta melakukan analisa dan prediksi kondisi ekonomi global dan lokal di tahun mendatang.

Kemunculan peluang binsis baru di Indonesia juga terjadi dari pengaruh kebijakan perdagangan bebas. Sejak tahun lalu, negara-negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, telah menyepakati untuk perdagangan bebas regional yang kita kenal dengan istilah MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

1. Bisnis Percetakan

bisnis percetakan

Seperti yang kita ketahui, bahwa di awal tahun 2017 ini, banyak daerah di Indonesia yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah. Kegiatan Pilkada secara serentak tersebut tentu biasanya membutuhkan berbagai alat peraga dan perangkat Pemilu, seperti baliho, pamflet, stiker, dan juga kaos sablon. Nah, berbagai sarana dan prasarana Pemilu tersebut akan mengalami peningkatan permintaan yang cukup besar. Bagi anda yang telah merintis bisnis percetakan ini, tentu akan bisa memetik panen keuntungan yang bagus di tahun ini. Sementara bagi anda yang ingin merintis bisnis ini, tiada salahnya untuk mulai membuka bisnis percetakan di tahun ini, sembari menyongsong perhelatan Pemilu nasional di tahun 2019 mendatang. Lalu, berapakah modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha percetakan? Untuk penyediaan alat-alat kerja, seperti mesin fotocopy, printer baliho, dan sejenisnya, anda membutuhkan modal sekitar 20-70 juta rupiah. Namun itu tergantung kapasitas dan merek mesin yang anda pilih.
2. Bisnis Online


Sejak 5 tahun terakhir, pertumbuhan bisnis online di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini ditunjang oleh jaringan internet yang makin luas, serta harga perangkat internet yng makin terjangkau. Dengan smartphone yang harganya 500ribu rupiah, masyarakat telah bisa berselancar di dunia maya dengan lancar. Hal tersebut secara tidak langsung berdampak positif bagi kemajuan bisnis internet. Berbicara mengenai bisnis internet, ternyata ada banyak sekali ragamnya. Lima bisnis online yang paling populer bagi pengusaha kecil antara lain:
  • Bisnis Ecommerce Melalui Toko Online dan Media Sosial
  • Bisnis Dropshipping dan Afiliasi Produk
  • Blogging, Youtubers, dan Vlog
  • Bisnis Jasa Online, seperti Konsultan, Penerjemah bahasa, Desain Grafis, Kursus Online, dan sejenisnya.
  • Bisnis developer aplikasi, software, dan perdagangan produk digital lainnya.

3. Bisnis Akomodasi Liburan dan Rekreasi

Liburan dan rekreasi menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, terjun ke bisnis ini menjanjikan potensi keuntungan bagus. Pada tahun ini, rencana Menteri Pendidikan yang akan menyelenggarakan pembelajaran di sekolah hanya lima hari kerja saja juga akan berdampak positif di sektor bisnis ini. Pemerintah berencana akan membuat proses belajar mengajar di sekolah hanya berlangsung 5 hari kerja, dari Senin sampai Jumat. Jika hal ini terealisasi, maka pada hari Sabtu dan Minggu akan dimanfaatkan keluarga untuk berekreasi dan berlibur ke pusat-pusat wisata. Dengan demikian, potensi bisnis di sektor jasa akomodasi liburan untuk wisatawan lokal akan semakin cerah. Anda yang memiliki usaha jasa traveling, tour guide, usaha oleh-oleh, penginapan, dan restoran akan bisa mencicipi manisnya bisnis di tahun 2017 ini.

4. Bisnis Waralaba

bisnis waralaba

Sejak 5 tahun terakhir, bisnis waralaba semakin populer di Indonesia. Jika 10-20 tahun lalu, konsep bisnis waralaba hanya dipakai untuk bisnis-bisnis modal besar, seperti waralaba supermarket dan franchise makanan siap saji, maka tahun-tahun ini konsep bisnis model kemitraan waralaba telah familiar di masyarakat. Banyak pelaku usaha lokal yang memperluas jangkauan bisnisnya dengan skema waralaba, terutama entrepreneur bidang makanan dan minuman. Mereka menawarkan paket kerjasama kemitraan dengan modal kecil, mulai dari 3 jutaan hingga puluhan jutaan rupiah, sebut saja diantaranyya adalah waralaba Pasco untuk produk minuman es coklat blander yang ditawarkan dengan harga 6 jutaan rupiah. Ada juga waralaba Martabak Mini Afrika Waka Waka dengan modal kemitraan 7 jutaan rupiah. Untuk informasi lengkap mengenai peluang usaha waralaba dengan modal di bawah 10 juta rupiah, bisa anda lihat pada link ini.






Waralaba adalah konsep bisnis yang membentuk sebuah kesepakatan kerjasama antara dua belah pihak, yaitu pemilik/pemberi waralaba (dikenal dengan franchisor) dengan penerima/mitra waralaba (dikenal dengan franchisee), dimana pihak penerima/mitra waralaba diizinkan memakai dan memanfatkan berbagai perangkat bisnis, seperti brand usaha, merek, resep, hak intelektual, produk, dan sebagainya untuk mendapatkan keuntungan usaha sesuai dengan perjanjian disepekati. Selain memperoleh biaya royalti dari pihak mitra, pihak pemberi waralaba (franchisor) juga akan diuntungkan karena jaringan bisnisnya menjadi lebih luas. Sementara itu, mitra waralaba (franchisee) akan merasa diuntungkan karena bisa membangun bisnis dengan lebih cepat, praktis dan bisa memasarkan produk atau brand yang sudah populer di masyarakat.


Bagi para entrepreneur pemula, konsep bisnis waralaba menjadi cara tercepat untuk merintis usaha karena kita akan dipandu dan diajarkan belajar berbisnis, termasuk menyiapkan peralatan dan perlengkapan usaha. Namun, untuk bergabung dalam bisnis kemitraan waralaba, biasanya kita harus mengeluarkan modal lebih banyak ketimbang membangun sendiri usaha kecil kita dari titik nol. Untuk informasi yang lebih mendetail terkait seluk beluk bisnis waralaba, silakan buka link tersebut.

5. Bisnis Teknologi Mobile

bisnis teknologi mobileBisnis yang terkait teknologi mobile dan pendukungnya juga diprediksi kian kinclong di tahun ini. Anda yang memiliki konter pulsa, counter hp, pembuat perangkat aplikasi, dan hal yang terkait dengan kebutuhan mobile gadget akan merasakan prospek manis di tahun ini. Teknologi mobile, seperti ponsel, tablet, smartwatch, console game PSP, dan sejenisnya telah menjadi bagian keseharian masyarakat di Indonesia. Menurut sebuah artikel yang dijelaskan di situs Business Insider, bahwa pada tahun 2017 ini ada sejumlah jenis tren teknologi mobile yang bisa mendulang keuntungan miliaran dolar.

6. Bisnis Perdagangan Lintas Negara

Perdagangan bebas dalam era Masyarakat Ekonomi Asean tentu memiliki dampak plus dan minus. Jika anda kreatif dan kompeten, maka era ini bisa menjadi masa yang bagus untuk menggali peluang bisnis. Anda yang memiliki produk bagus yang diminati pasar luar negeri dan memiliki sejumlah modal yang cukup, maka bisa melakukan perdagangan ekspor – impor. Sementara bagi pelaku usaha kecil dengan modal terbatas, bisa memanfaatkan jasa eksportir untuk menjual produk ke luar negeri. Atau membuka bisnis penjualan via online dengan memanfaatkan jasa pengiriman barang. Ini memang memiliki keterbatasan tersendiri, namun paling tidak peluuang bisnis ini cukup menjanjikan.

7. Bisnis Fashion

bisnis fashionFashion atau pakaian merupakan barang primer yang menjadi kebutuhan utama manusia. Bisnis ini memiliki pangsa pasar yang tak ada matinya. Dengan munculnya beragam mode tiap kurun waktu tertentu, bisnis ini tetap bergairah sepanjang zaman, termasuk di tahun 2017 ini. Bisnis produk fashion ada beragam jenisnya, mulai dari skala kecil dengan cetak sablon, konveksi, hingga garmen. Penjualannya lewat toko fashion kecil, butik, distro, hingga grosiran via online. Bagi anda yang ingin menggeluti usaha pembuatan produk fashion, seperti baju, celana, atau topi, ada beberapa tips yang wajib untuk dicermati. Yang pertama sebagai langkah awal, anda perlu menyusun rencana usaha (business plan) secara mendetail, mulai dari rincian kebutuhan modal, rincian kebutuhan peralatan dan perlengkapan usaha, jumlah karyawan yang diperlukan, packing, proses pemasaran, analisis-untung rugi, analisis kompetitor, promosi, analisa tantangan hingga solusi jika permasalahan datang. Selanjutnya, anda perlu membuat desain dan model baju yang sedang digemari masyarakat. Ketiga, anda perlu menjual produk fashion anda dengan harga terjangkau serta dipasarkan lewat pasar nyata (offline) dan pasar online.

8. Bisnis Kuliner (Makanan & Minuman)


Sama seperti bisnis fashion, usaha di bidang kuliner & bavarage alias bisnis makanan dan minuman juga dibilang sebagai bisnis sepanjang zaman. Ia akan tetap ada dan diperlukan sepanjang hidup manusia. Usaha makanan dan minuman juga banyak variasinya, mulai dari ragam menu, skala usaha, hingga tempat usaha, seperti gerobak, rumah makan, restoran, hingga yang tercanggih layanan pesan antar makanan dengan drone (pesawat kecil tanpa awak). Nah, berikut ini disajikan contoh usaha kuliner unik, yakni dodol kulit pisang.

Mungkin anda sudah familiar dengan kue dodol dengan campuran bahan lain, seperti dodol durian, dodol nangka, dodol rumput laut, dan dodol salak. Lalu, bagaimanakah dengan dodol kulit pisang? Tidakkah rasanya terasa aneh?


Dodol Kulit Pisang merupakan salah satu inovasi pangan berupa jajajan semi basah dengan kadar gula tinggi sehingga dapat awet dua hingga tiga bulanan. Keunikan bahan dan cita rasanya menjadikan usaha produksi dodol berbahan kulit pisang sebagai salah satu alternatif usaha rumahan yang cukup potensial. Untuk membuat dodol kulit pisang, anda memerlukan bahan-bahan yang terdiri dari:
  • Kulit buah pisang 1 kg
  • Buah pisang 1/4 kg
  • Tepung ketan 1/4 kg
  • Tepung beras atau tepung terigu 1/8 kg
  • Gula merah 1/4 kg
  • Gula pasir 1/2 kg
  • Santan kelapa 1000 ml
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air putih secukupnya

Proses pembuatan dodol kulit pisang:

Langkah awal adalah mencuci hingga bersih buah pisang yang telah matang, kemudian dikupas untuk memperoleh kulit dan daging buahnya. Tahap selanjutnya adalah merebus kulit pisang hingga teksturnya menjadi empuk. Setelah itu kulit pisang bersama daging buahnya dihancurkan (dihaluskan) dengan mesin blender hingga menjadi seperti bubur. Tuangkan adonan bubur tersebut dan aduk rata ke dalam wajan yang telah ditambahkan air putih dengan perbandingan 1:1. Nyalakan kompor, lalu santan kelapa dituangkan ke dalam adonan. Aduk secara pelan-pelan adonan di wajan tersebut hingga mendidih dan berminyak. Jangan lupa tambahkan pula gula dan garam yang telah disiapkan.

Sembari mengaduk, pada wadah lain buatlah adonan tepung ketan dan tepung terigu dengan campuran air putih. Setelah adonan tepung itu jadi, silakan tuangkan ke dalam adonan dodol dan santan yang telah mendidih. Aduk pelan-pelan selama 5 jam dengan sodokan agar kue dodol menjadi matang dan legit sempurna. Untuk pengemasan, sebaiknya dodol didinginkan terlebih dahulu, kemudian dipotong-potong sesuai selera dan dibungkus dengan plastik atau kertas kemasan.

9. Bisnis Investasi Emas

Tak sedikit para ekonom internasional yang memprediksi tahun 2017 sebagai tahun ekonomi yang penuh fluktuasi dan dinamika. Hal ini tidak terlepas dari kondisi politik dan ekonomi di beberapa kawasan yang berdampak pada situasi global, misalnya konflik di Timur Tengah, ketegangan di Semenanjung Korea, kondisi ekonomi China, situasi di Amerika Serikat dengan presidennya yang baru, dan beberapa negara-negara besar lainnya. Ketika situasi global tak bagus, maka pasar keuangan akan menerima dampaknya, dan para pebisnis akan mengalihkan aset kekayaannya dalam bentuk properti lain, salah satunya adalah investasi emas. Hal inilah yang membuat investasi emas diprediksi cukup berkilau di tahun 2017-2018. Untuk berinvestasi di sektor logam mulia ini, anda tidak harus memulainnya dengan modal ratusan juta rupiah. Dengan modal 5 jutaan rupiah, kita sudah dapat memilih investasi emas, baik itu kebun emas, investasi emas batangan, koin emas, sertifikat emas, ataupun emas perhiasan.
10. Usaha Produk Kreatif
Kemajuan internet ternyata berdampak positif bagi pelaku usaha barang kerajinan dan produk kreatif lainnya. Mereka tidak hanya memasarkan lewat toko depan rumahnya saja, tetapi bisa melakukan promosi ke seluruh dunia melalui dunia internet. Oleh karena itu, di tahun 2017 ini bisnis pembuatan produk kreatif home made, seperti sepatu lukis, parcel pernikahan, usaha daur ulang sampah, dan sejenisnya akan bisa mendulang profit yang baik.
bisnis produk inovatif lumioNah, salah satu contoh produk kreatif dan inovatif yang telah mendulang kesuksesan di tahun lalu adalah Lumio, yakni lampu yang dapat dilipat seperti buku dan bisa digunakan dimana saja dengan memakai baterai yang dapat bertahan selama 8 jam. Produk inovati ini merupakan buah karya seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, bernama Max Gunawan. Pengguna dapat menggunakan Lumio dengan mudah, cukup buka Lumio layaknya membuka buku, maka lampunya akan menyala terang benderang. Sudut rentangan buku lampu yang unik tersebut dapat mencapai 180 derajat (membentuk lingkaran) sehingga akan dapat terlihat seperti bola lampion. Keunikan produk Lumio telah menarik jaringan televisi ABC Shark Thank untuk ditampilkan dalam sebuah siaran acara utama. Sejak saat ini, produk Lumio diminati oleh warga Amerika Serikat dan negara-negara lain di dunia.


Sekian , Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Bisnis Kecil Tapi Sangat Menguntungkan Tahun 2017"

Peraturan Berkomentar :

- Komentar tidak boleh mengandung Unsur Sara / Porno
- Usahakan Setidaknya menggunakan Nama / Url dari pada Anonymous
- Dilarang Spam

Terima Kasih .